Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Desember 18th, 2010

KALA PERGANTIAN TAHUN

Banyak cara dilakukan orang untuk menyambut pergantian tahun baru…

Di awal 1432 H ini dan sebentar lagi 2011 M akan datang pula, maka aku bersyukur kepada Allah SWT… Dan aku senang bercengkrama dengan anda para sahabat, terutama berbicara tentang nikmat Allah SWT yang berlimpah ruah kepada kita hambaNya…

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan.” (QS. Ad-Dhuha: 11)

Alhamdulillah, aku memuja Allah yang telah memberi aku umur panjang… aku telah melewati masa kecil hingga dewasa dengan segala romantikanya, berpuluh tahun malang melintang di panggung sandiwara dunia; mengecap asam-garam, dan pahit-manisnya kehidupan…

Alhamdulillah, aku memuji Allah yang telah memberi aku ilmu pengetahuan, sehingga dapat mengenal mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang iman dan mana yang kufur… dan seterusnya… Meskipun kebodohan masih selalu merayu agar menggantang asap, patamurgana di siang bolong…

Alhamdulillah, aku menyanjung Allah yang telah memberi aku harta kekayaan dari berbagai jurusan, sehingga mawasdiri dari meminta-minta, atau mencuri dan korupsi…

Alhamdulillah, aku bersujud kepada Allah yang telah memberi aku tubuh jasmani, yang dari hari ke hari aku gunapakaikan…. Begitu lama…, bahkan tanpa disadari onderdil tubuh mulai rapuh dan limbung …

Dalam pada itu…, apabila aku semakin merenung, maka datanglah rasa kecut melilit hati… karena hal-hal yang aku paparkan tadi seringkali terlalaikan… Aku kira hari masih tinggi, rupanya sore sudah menjelang…

Awan hitam membelintang di sudut langit, cahaya mentari mulai redup, warna daun-daun hijau terlihat kusam, angin menggoyang pepohonan, meluncur turun ke relung hati…

Bila terus merenung, maka teringatlah aku kepada sabda Nabi SAW yang dicantumkan oleh Imam An Nawawi dalam kitabnya “Riyadhus Shalihin” (Tahqiq Dr. Al Fahhal) Juz I halaman 259:

وعن أَبي برزة – براء ثُمَّ زاي – نَضْلَة بن عبيد الأسلمي – رضي الله عنه – ، قَالَ : قَالَ رَسُول الله – صلى الله عليه وسلم – : (( لا تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَومَ القِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمُرِهِ فِيمَ أفنَاهُ ؟ وَعَنْ عِلمِهِ فِيمَ فَعَلَ فِيهِ ؟ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أيْنَ اكْتَسَبَهُ ؟ وَفيمَ أنْفَقَهُ ؟ وَعَنْ جِسمِهِ فِيمَ أبلاهُ ؟ )) رواه الترمذي ، وَقالَ : (( حديث حسن صحيح )) .

Bersumber  dari Abu Barzah Al Aslami, radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah SAW pernah bersabda: “Tidak akan beranjak kedua tumit seorang hamba pada hari kiamat sehingga dia dimintai pertanggung jawaban: (1) Tentang umurnya dalam hal apa dia menghabiskannya; (2) Tentang ilmu pengetahuannya dalam hal apa dia berbuat; (3) Tentang harta kekayaannya; dari mana dia peroleh, dan dan dalam hal apa ia belanjakan; (4) Tentang tubuhnya, dalam hal apa dia gunapakaikan.” (HR. At Turmudzi)

Sahabat…! Rupanya hidup kita akan dipertanggung jawabkan…!

UG-Jumat, 17 Desember 2010; pukul: 13:25:38

Read Full Post »